Selamat datang di blognya SDTF FEB UKSW. Informasi mengenai kegiatan - kegiatan FEB UKSW ada di sini. Check this out. ^__^

Sabtu, 06 November 2010

Moment of 82


Pada hari Sabtu (04/07) lalu, sekitar 53 orang alumni FE UKSW menghadiri Reuni Akbar’82 yang bertempat di rumah makan Joglo Rini, Salatiga. Tempat ini dipilih karena tempatnya yang cukup nyaman dan dekat dengan kampus UKSW.

“Hanya butuh waktu sekitar sebulan untuk mengadakan kegiatan reuni ini.” Kata Bapak Tji Wei yang menjadi koordinator Reuni Akbar’82 ini. Beliau menambahkan bahwa, tidak terlalu sulit untuk mengumpulkan para Alumni’82, cukup dengan menghubungi key_person, mereka akan menghubungi teman-temannya yang lain. Terbukti, dari 103 orang FE Angkatan 1982, reuni dihadiri sekitar 50% lebih.

Ketika membuka Reuni, Bapak Tji Wei menyampaikan hal yang menarik, beliau menganalogikan manusia kedalam 5 tipe. Pertama, manusia tipe batu, adalah orang yang berkepribadian keras dan seolah-olah dapat melakukan segala hal sebdiri tanpa bantuan orang lain. Kedua, manusia tipe Es, ketika masih berkuliah, mereka memiliki idealisme yang kuat, tetapi setelah memasuki dunia kerja atau diterpa oleh banyak masalah, maka Idealisme mereka luntur seiring dengan banyaknya persoalan yang mereka hadapi. Ketiga, manusia tipe telor, adalah cerminan orang mau belajar tetapi cepat sekali puas atas pencapain atau ilmu yang mereka miliki, sehingga saat mereka tentang sedikit hal saja, lantas mereka menjadi sombong dan sok tahu. Tipe kempat adalah adalah tipe wortel, saat wortel direbus dalam air, ia akan merubah warna air, tetapi tidak dapt merubah rasa air. Ini merupakan gambaran orang yang fleksibel dan dapat membaur dalam berbagai kondisi lingkungan, tetapi mereka tidak dapt memberikan pengaruh bagi lingkungannya. Tipe yang terakhir adalah Tipe Gula Aren, ketika ia direbus dalam air, ia akan mengubah warna air dan menjadikannya manis. Inilah profil manusia seharusnya, tidak hanya fleksibel dan mudah membaur, tetapi juga mampu membawa dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Tipe kelima inilah yang membawa manusia pada kesuksesan. Hal yang dapat tercapai jika kita berani untuk Take Action. Hal ini yang diyakini oleh Bapak Tji Wei mengenai profil lulusannya, karena Angkatan 1982 adalah angkatan yang take action.



Dalam rangkaian acara reuni ini, para alumni juga mengunjungi kampus UKSW yang telah 24 tahun silam mereka tinggalkan, didampingi oleh Bapak Hari Sunarto (Dekan FEB), dan Ibu roos Kities, mereka saling sharing dalam ruang rapat fakultas (P534) seputar profil lulusan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, dan dibahas pula mengenai dunia pendidikan di aras Universitas saat ini.



Beberapa Alumni menyatakan pokok pemikiran yang hampir sama, yakni pola pengajaran di FEB UKSW sebenarnya sudah baik, ditunjang dengan fasilitas yang semakin baik dan kemudahan-kemudahan dalam memperoleh informasi, seperti dengan adanya WI-FI dan Jurnal On-Line. Didukung sistem nilai Nisbi yang dirasa dapat memicu Mahasiswa untuk lebih kompeten karena adanya persaingan yang kompetitif di dalam kelas. Namun, dirasa bahwa lulusan FEB UKSW belum mampu mendominasi dunia kerja dan belum terdengar “Gaungnya” sampai ke kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan lain-lain. Persaingan yang semakin ketat, hal ini akan menjadi PR besar bagi segenap civitas akademika FEB dalam mencetak sarjana-sarjana yang profil lulusannya dapat sesuai dengan visi dan misi UKSW.


Sumber : PAN_SDTF/HAN_SDTF

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda di sini dengan tidak mengandung unsur SARA. Apabila ada komentar yang dianggap tidak sesuai oleh Admin, maka komentar Anda akan di hapus secepatnya.
Terima Kasih.
-Admin-

 
Powered by Aprillia Handini