Selamat datang di blognya SDTF FEB UKSW. Informasi mengenai kegiatan - kegiatan FEB UKSW ada di sini. Check this out. ^__^

Sabtu, 06 November 2010

UKSW. Kampus Indonesia Mini. Apakah Kalian Mengetahuinya?



UKSW? Apaan sih itu? Dimana sih tuh kampus?

Pertanyaan semacam itulah yang sering saya dapatkan dari teman-teman saya diluar kota. Banyak orang yang jarang bahkan belum pernah mendengar tentang UKSW. Padahal nama UKSW sudah dikenal orang diluar negeri.

Universitas Kristen Satya Wacana, biasa disebut UKSW, adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang terletak di sebuah kota kecil di kaki gunung Merbabu, tepatnya di kota Salatiga. Universitas ini berdiri pada tanggal 30 November 1956. Wah, sudah tua ternyata ya? Saat itu orangtua saya saja belum lahir. Hehehe


Universitas ini sering disebut sebagai “Kampus Indonesia Mini”. Sebutan itu diberikan karena civitas akademikanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia (dari Aceh, Lampung, Banjarmasin, Manado, bahkan Papua). Bisakah kalian bayangkan berbagai budaya dan adat istiadat dari berbagai daerah yang bersatu didalam sebuah kampus? Sulit dibayangkan.


Dulu saya sempat mengatakan “Ih, kok di UKSW toh? Ora maju-maju ntar. Kalau kuliah di UKSW itu kaya tidak bisa maju gitu loh.” Tapi sekarang saya menyesal berkata seperti itu. Hilangkan pikiran seperti itu. Seharusnya saya bangga bisa kuliah disini karena teman-teman dan civitas akademikanya berasal dari daerah dan latar belakang yang berbeda. Seharusnya saya bangga karena alumni-alumninya banyak yang berhasil tidak hanya didalam negeri, tetapi juga diluar negeri.


Di UKSW, sistem perkuliahannya sangat baik. Didukung pula dengan suasana kota Salatiga yang sejuk, yang memudahkan kita untuk belajar. Tidak jarang kita dapat menemukan mahasiswa yang dapat menyelesaikan masa kuliahnya dalam jangka waktu 3,5 tahun bahkan 3 tahun. Bahkan beberapa waktu yang lalu, ada mahasiswa yang dalam jangka waktu 3,5 tahun mampu menyelesaikan studi S1 nya di 2 fakultas yang berbeda dan S2 nya di fakultas ekonomi Satya Wacana.


UKSW tidak hanya dapat bersaing dengan Universitas lain dalam bidang akademik saja. Tetapi juga dalam bidang non-akademik. Seperti beberapa hari yang lalu, grup Lentera Kasih UKSW yang baru saja tiba setelah berlawat di Singapura dan Filipina. Serta kelompok dari FSP (Fakultas Seni Prtunjukan) UKSW yang tampil di Pontianak dalam acara tingkat nasional. Oya, UKSW juga universitas pertama di Indonesia yang bisa ikut berpartisi[asi dalam NBL (National Basketball League). Dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lain dari UKSW.

Bagi masyarakat yang tidak mengetahui tentang UKSW, cobalah mengunjungi website UKSW,www.uksw.edu, atau bisa bermain ke kampus hijau UKSW yang berada di Jln. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Jawa Tengah.


Oya, walaupun UKSW adalah kampus Kristen, tetapi UKSW menerima dengan senang hati mahasiswa dari agama Islam maupun agama lainnya. Agama saya saja Islam lho. Kampus juga tidak melarang mahasiswanya untuk memakai jilbab. So, jangan sungkan bergabung dengan kami. Kami tunggu kehadiran anda di “Kampus Indonesia Mini” kami..:-)

Oleh : Widya Kartika Dewi


Publish on Kompasiana

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda di sini dengan tidak mengandung unsur SARA. Apabila ada komentar yang dianggap tidak sesuai oleh Admin, maka komentar Anda akan di hapus secepatnya.
Terima Kasih.
-Admin-

 
Powered by Aprillia Handini